HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA PRASEKOLAH 3-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK KENTEN PERMAI PALEMBANG TAHUN 2019
Abstract
Pertumbuhan anak sangat berkaitan dengan gizi yang dikonsumsi. Kandungan gizi yang dikonsumsi setiap hari menentukan status gizi anak. Status gizi yang baik mampu meningkatakan daya tahan tubuh yang baik pula, sebaliknya status gizi yang buruk memudahkan timbulkan penyakit. Berdasarkan data Food and Agriculture Organization (FAO) memperkirakan Sekitar 870 juta orang dari 7,1 miliar penduduk dunia atau 1 dari delapan orang penduduk dunia menderita gizi buruk. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan status gizi dengan perkembangan motorik kasar pada anak usia prasekolah 3-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Kenten Permai Palembang Tahun 2019. Metode penelitian menggunakan analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalahsemua anak usia prasekolah di Taman Kanak-Kanak Kenten Permai Palembang Tahun 2019 yang berjumlah 77 orang. Hasil penelitian didapatkan distribusi frekuensi responden sebagian besar perkembangan motorik kasar anaknya pada kategori normal sebanyak 35 responden (81,4%), distribusi frekuensi responden sebagian besar status gizi anaknya pada kategori gizi baik sebanyak 31 responden (72,1%). Hasil uji statistik didapatkan ada hubungan yang bermakna antara status gizi dengan perkembangan motorik kasar anak usia prasekolah 3-5 tahun di TK Kenten Permai Palembang tahun 2019 dengan nilai p value = 0,028 < α (0,05). Saran diharapkan tenaga pengajar di TK Kenten Permai Palembang mampu mengembangkan strategi pembelajaran yang diterapkan pada saat pembelajaran menjadi lebih kreatif dan inovatif melalui permainan-permainan yang dapat meningkatkan perkembagan motorik kasar anak seperti berlari, melompat, serta melempar bola.